Cicipi Durian Legit dari Dukuh Nglawungan

Salah satu pengunjung Agro wisata kampung durian di Dukuh Nglawungan, Desa Tunjungan. (Foto: Pemkab Blora)

Tunjungan – Bagi kalian pencinta buah durian, mungkin tidak ada salahnya mencoba buah durian legit dari Dukuh Nglawungan, Desa Tunjungan, Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Tidak hanya sensasi memakan durian legit, di desa ini, wisatawan bisa langsung memetik buah durian.

Dukuh Nglawungan memiliki Agro wisata kampung durian yang bisa kita nikmati. Apalagi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora juga mengkampanyekan kepada wisatawan untuk #AyoDolanBlora.

“Ayo Dolan Blora,” ucap Wakil Bupati Blora, Arief Rohman,  ketika mengunjungi lokasi tersebut bersama Dandim, Wakapolres, anggota Komisi D DPRD Kabupaten Blora dan Karang Taruna, beberapa bulan lalu.

Menurut Wabup, durian lokal dari Dukuh Nglawungan memiliki rasa yang tidak kalah dengan durian dari daerah lain. Rasanya legit, manis dan juga segar.

“Pak Dandim yang asli Pati juga merasa senang dengan durian Blora. Enak banget. Meskipun ukurannya kecil tapi rasanya nendang. Ayo piknik ke Kampung Durian Nglawungan mumpung musim panen dan pas liburan sekolah dan akhir tahun,” ucap Wakil Bupati.

Kampung Durian

Kampung Durian merupakan ArgoWisata yang dimiliki oleh beberapa warga. Kebun ini memiliki luas tanah sekitar dua hektar lebih. Sejak tahun 2018, wisata ini dibuka untuk umum dan tingkat kunjungannya semakin meningkat ketika musim panen tiba.

Kepala Desa Tunjungan, Yasir, menyambut positif dukungan Pemkab Blora untuk pengembangan wisata Kampung Durian di Dukuh Nglawungan. Menurutnya pihak desa terus mematangkan konsep wisata kampung durian ini bersama para karang taruna dan pemilik kebun.

“Kami berharap Desa Tunjungan bisa terus berkembang menjadi Desa Wisata unggulan di Kabupaten Blora. Tidak hanya ada Kampung Durian saja, di desa kami juga ada Kebun Buah Greneng di dukuh Klapanan, kemudian daya tarik wisata Cemoro Pitu, dan wisata alam Waduk Greneng,” kata dia.

Pengelolaan kampung durian ini hasil dari kerjasama oleh pemerintah desa setempat dengan Karang Taruna. Pengunjung bisa melakukan jogging track berkeliling kebun buah diantara rimbunnya pohon durian, kemudian bisa makan buah durian langsung di beberapa pondok yag ada di tengah kebun. Makan durian yang baru jatuh dari pohonnya, dijamin enak.

Untuk menuju lokasi Kampung Durian, pengunjung cukup menempuh jarak kurang lebih 15 kilometer dari pusat Kota Blora. Melalui Jl. Raya Blora-Purwodadi km 3, tepat di perempatan Maguan belok ke kanan (utara) sejauh 8 kilometer arah Tunjungan. Sesampainya di pertigaan Pasar Desa Tunjungan, pengunjung dipersilahkan belok kiri (arah barat) sejauh dua kilometer dan akan disambut gapura Kampung Durian Nglawungan.

Kondisi jalan sebagian sudah rabat beton, sebagian aspal hotmix, dan masih ada yang bergelombang. Pemerintah Kabupaten Blora berkomitmen untuk menuntaskan perbaikan jalan agar akses menuju kawasan wisata Kampung Durian dan sekitarnya semakin baik.

Add Comment